Diet ala Lena

Halo halo, Lena di sini!

Aku lagi diet nih XD

Agak sebel, akhir2 ini aku rada gendutan. Ya ngga gendut2 amat siy, tapi keliatan bangett coz aku pendek. Tinggiku 157 cm, berat naik dalam 3 bulan. Tadinya cuma 43 kg, sekarang udah 51! Oh my God 😦

Celana jins rasanya mulai sesak semua. Aaarghh sebeell…!! Masak aku harus beli jins baru sihh..??

Gimana ngga endutan, akhir2 ini sering diajak makan2 ma kakakku. Ceritanya kakakku udah lulus kuliah, trus sekarang ada di rumah. Tiap hari kerjanya maen mlulu sambil nglamar kerja sana-sini. Seringnya ngajak aku. Abis puas maen, jajan dehh, dan hasilnya berat badanku naikk… Kakakku siy enak, da tinggi, nambah gendut juga ngga gitu keliatan.

Ngga bisa disesalin juga khan, harus segera bertindak. Jadiii..aku memutuskan untuk D-I-E-T

Gimana caraku diet? Yakali aja ada yg pengen tau hihihi XD

Makan 5 kali sehari!

Jiaahh itu diet apa maruk? Eh beneran tau, cara diet yg bagus itu justru makan lebih sering & dalam porsi kecil. Tujuannya biar metabolisme tubuh terjaga. Makan jangan tunggu sampe lapar. Waktu kita kelaparan, laju metabolisme tubuh menurun. Makanan yg dimakan saat kita kelaparan malah sangat lambat dicernanya, justru nantinya bikin kita sulit nurunin berat badan.

Jangan lupa, kurangin lemak, nasi putih, makanan yg digoreng dan minuman manis. Di rumah, mamaku udah aku suruh ngganti minyak goreng yg biasa dengan canola oil. Mamaku jadi seneng coz kadar kolesterol beliau jadi turun, hihihi.

Untuk sarapan ronde pertama (06.00) pake roti gandum selembar+ keju, atau bubur oatmeal, minumnya susu rendah lemak.

Sarapan ronde kedua (10.00) pake pisang rebus/jagung rebus/ubi rebus dan makan buah,minumnya  jus buah tanpa gula.

Makan siang (13.00) pake nasi, sayur, lauk. Yang penting nasinya dikit aja, sayurnya dibanyakin. Aku paling suka sayur berkuah kayak sayur sup, sayur bayam, cap cay kuah.

Makan sore (17.00) makan salad atau gado2/pecel/urap. Tapi minus lontong dan krupuk. Bumbunya juga dikit aja. Gado-gadonya telurnya kecil banget, seperempat ato seperdelapan.

Mmm.. yummy!

Makan malam (19.00) makan nasi, sayur, lauk. Nasinya super dikit.

Tetep butuh karbohidrat lho ya. Kalo nggak ada karbohidrat, protein yg kita makan susah diserap tubuh, malah jadi racun ato terbuang sia2 dalam urin & feses.  Makan protein aja tanpa karbo bikin kita cepet kurus, tapi kurusnya ngga sehat karena ginjal kerja keras buat ngeluarin protein. Malah jadi lemes dan gampang sakit.

Dengan makan 5 kali sehari, keinginan untuk ngemil jadi ngga ada. Aku ngga pernah ngemil loh selama diet, abis ngga lapar hehehe XD

Minum teh hijau!

Yupss.. siapa sih yg ngga tau manfaat teh hijau untuk nurunin berat badan? Aku minum teh hijau di sela2 jam makan, 1 kali sehari (biasanya sore siy).

Olahraga!

Ini yg paling males, tapi eitsss…. ngga boleh males! Sepedaan keliling komplek selama 1 jam tiap hari, itu cara aku berolahraga. Sekarang kemana-mana aku juga naik sepeda, asalkan ngga siang bolong heheheu. Seminggu sekali ikutan senam aerobik bareng ibu2 di komplek. Uh aku jadi yg paling muda, tapi gpp deh.. yg penting badan sehat n ada temennya coz aku males banget senam sendirian XD

Nah itu caraku diet. Simpel kok, ngga bikin kelaparan, ngga bikin lemes. Semoga berat badanku bisa balik seperti semula. Amiinn…

Image source : Google

Text : Leonie Lena

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s